Tak kenal Maka Tak Sayang

Rabu, 22 Juni 2016

Universitas Muhammadiyah Malang

Di artikel kali ini kita akan bahsa secara singkat mengenai Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Yah Walaupun sebenarnya pembahsaannya memang sangat singkat :D

oke langsung saja kita bahas. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 kota malang, Jawa Timur.Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMMtermasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih.

seperti halnya sebuah lambang. logo UMM pun memiliki sebuah arti berikut makna dari lambang UMM :
  1. TULISAN ARAB MUHAMMADIYAH: Sebagai pengikut ajaran Nabi Muhammad
  2. MATAHARI BERSINAR 12: Organisasi Muhammadiyah berdiri 1912
  3. DUA KALIMAT SYAHADAT: Sebagai Ikrar dalam ajaran Islam, yaitu kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Pengakuan Muhammad sebagai utusan Allah
  4. PADI DAN KAPAS: Bermaksud memperjuangkan adil dan makmur berupa sandang dan pangan serta tabiat seperti padi: ”Semakin berisi semakin merunduk”
Dahulu UMM merupakan bagian dari Universitas Muhammadiyah Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963. Pada tanggal 1 Juli 1968 Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri.
Saat ini Universitas Muhhamdiya Malang memiliki 11 Fakultas, 39 prodi diploma dan strata 1, 13 program strata 2 dan 3 serta 4 program profesi. Total mahasiwa sampai saat ini 31.729 yang terbagi di 3 tempat yaitu di kampus 1 , 2, dan 3. Dalam melaksanakan program pendididkannya Universitas Muhammadiyah tidak meninggalkan konsep - konsep keislaman. Sehingga menciptakan lulusan yang bukan hanya mahir dalam ilmu pengetahuan namun juga dalam hal keislaman. Total alumni sampai saat ini ada 57.286.
Meskipun swasta bukan berarti setelah kuliah kita bingung untuk bekerja. Banyak sekali alumni UMM yang bekerja dan cangkupannya pun luas seperti : PNS instansi pemerintah, guru, dosen, peneliti, programmer, anggota militer dan Polri, teknisi, tenaga adminstrasi, dan lain-lain.  Beberapa stakeholder yang dapat menampung para alumni antara lain: instansi pemerintah, perusahaan swasta (dalam dan asing), BUMN, BUMD, Perbankan, TNI/Polri, beberapa industry, dan lain-lain.  Bahkan yang membanggakan, sudah banyak alumni yang tergolong sangat sukses sebagai wirausahawan yang justru menciptakan lapangan kerja baru untuk menampung alumni lain.

itulah sedikit penjelasan mengenai UMM semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Tak kenal Maka Tak Sayang

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Followers

Blog Tugas PATI UMM © 2013 Published By Gooyaabi Templates Supported by Best Blogger Templates and Premium Blog Templates - Web Design